12 TIPS SUKSES BERKARIR SEBAGAI PUBLIC RELATION

Related image

konsultan pr jakarta - Memiliki karier jadi seseorang humas/public relation untuk mereka yang memiliki passion berhubungan dengan orang yang lain pasti jadi pilihan pekerjaan yang sangat mengasyikkan. Tetapi kadang-kadang profesi ini terkadang masih tetap di anggap remeh karena peran pekerjaannya yang masih tetap kurang terlihat riil untuk beberapa orang. Berikut ini tips berhasil buat kamu yang juga akan memilih peranan PR dalam berkarir :

1. Be a sponge. 

Rasa keingintahuan jadi modal utama untuk jadi PR yang profesional. Baik untuk yang baru menekuni dalam dunia PR ataupun yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun, harus hukumnya untuk dengan konstan selalu belajar agar tetaplah jadi yang paling baik di industri ini. Janganlah berhenti untuk selalu mencari tahu.

2. Senantiasa up-date berita terbaru 

Upayakan selalu untuk tau mengenai peristiwa terbaru. Bacalah koran (baik yang on-line ataupun off line). Sebarkan info itu pada perusahaan atau clientmu. Dengarkan radio atau podcast mengenai berita industri, politik, ekonomi, hukum, dll. yang tengah terjadi. Rajin-rajinlah melihat berita di TV setiap pagi. Pendekatan apa pun yang diambil, juga akan membuat kamu jadi lebih menarik dan lebih baik untuk pekerjaanmu. Anggap semuanya jadi investasi.

3. Konsentrasi pada beberapa hal detil. 

Senantiasa cek kembali semua pekerjaanmu. Check sampai ke beberapa hal paling kecil dan simpel. Jadilah pengawas untuk sendiri untuk meyakinkan semua pekerjaan teratasi dengan baik. Double-check kalkulasimu. Pertanyakan anggapan yang kamu bikin.

4. Hidup seimbang. 

Belajar untuk memastikan prioritas pekerjaan, bagaimana ketika anda harus konsentrasi penuh dalam melakukan pekerjaan tertentu, dan bagaimana mengatur waktu. Hidup jadi PR yaitu mengenai keseimbangan, dan anda harus tahu bagaimana mengatur waktu kerja dan harapan client (bila anda bekerja di agency PR).

5. Belajar menulis. 

Sempatkan diri untuk belajar cara menulis dengan benar. Berlatih. Belajar dari orang yang lain. Ambillah pelatihan bila diperlukan. Dunia kerja juga akan banyak berlainan dengan pengetahuan pelajaran yang di ajarkan saat kuliah dahulu. Paragraf yang singkat, kalimat efisien, dan tata bhs yang pasti juga akan mempermudah dalam menerangkan inti permasalahanmu. Upayakan untuk tetaplah memakai kalimat aktif.

6. Hadapi angka. 

Berhubungan dengan angka sampai kini sudah jadi point kekurangan untuk beberapa PR. Walau sebenarnya perusahaan saat ini senantiasa menuntut lebih. Terlebih untuk pengukuran efektifitas media sosial dan program media berbayar/iklan. Anda tidaklah perlu jadi pakar dalam hal semacam ini (terlebih bila anda memiliki tim khusus yang membantumu mengkalkulasi), tetapi penting untuk ketahui basicnya dan tahu bagaimana caranya menerangkan ke client dan beberapa orang dalam perusahaanmu mengenai cara pengukuran yang efisien.

7. Kerjakan pengukuran melalui siklus hidup. 

Melakukan pengukuran bukanlah sekedar hanya laporan, dan PR saat ini dituntut agar bisa melakukan mengukur dengan lebih baik sekali lagi. Ada beberapa tips untuk ini :

Buat objektif (rancang maksud yang realistis, ditambah dengan insight dari program sebelumnya)
Susun gagasan (planing) (beberapa sekali lagi dengan memakai insight dari yang sebelumnya) ;
Identifikasi dan bantu untuk menangani problem Kerjakan pengukuran hasil dan hasilkan insight baru untuk menolong proyek selanjutnya.

8. Sediakan jalan keluar. 

Tantangan yang cukup berat menjada kenyataan kehidupan industri PR, dimana peranan dari komunikasi yaitu untuk merubah tingkah laku atau persepsi. Itu yaitu hal yang susah. Jadilah PR yang siap dengan segudang jalan keluar dalam hadapi persoalan client. Walau belum juga pasti solusimu yaitu jalan keluar yang diambil oleh client, tetapi fakta kalau anda pikirkan dengan serius dan berupaya memberi jalan keluar paling baik juga akan memberi kesan positif untuk manajermu.

9. Senantiasa naik level. 

PR yang profesional sering bertemu dengan kondisi susah, yg tidak dapat diperkirakan kapan kehadirannya. Berikut peristiwa dimana anda dapat jadi berlainan dan menambah reputasi, atau sebaliknya. Jadilah seorang yang senantiasa tenang walau kondisi pelik menghambat. Stay calm, dan konsentrasi pada jalan keluar. Tidak perlu cemas.

10. Berfikir out of the box. 

Saksikan dunia sekitarmu dan dengan pro aktif identifikasi beragam cara untuk tingkatkan ketrampilanmu. Hal tersebut dapat diperoleh dengan misalnya kerjakan pekerjaan dengan lebih baik, atau ikut serta dalam projek yang lebih menantang, atau mungkin dengan belajar lebih banyak sekali lagi berkaitan bagian pekerjaan berkaitan.

11. Kenali ketidaksamaan pada objektif, kiat, dan taktik. 

Objektif yaitu problem yang perlu dikerjakan. Hal semacam ini harus berhubungan dengan maksud bisnis. Kiat yaitu himpunan beberapa gagasan penyelesaian misi/problem yang perlu ditangani. Kiat harus berhubungan dengan objektif/maksud. Taktik yaitu tindakan yang juga akan dilakukan. Adalah perincian dari point kiat yang lebih pada implementasi.

Lihat juga : konsultan public relations

12. Senantiasa jadi yang terpercaya. 

Ketika anda bertemu dengan eksekutif perusahaan, atau mungkin dengan client dari perusahaan beda, upayakan selalu untuk jadi pemberi anjuran yang terpercaya untuk mereka. Menghilangkan fikiran-pikiran mengenai apa yang “harus” dilakukan dan jadilah mitra. Buka kesempatan dan peluang untuk sendiri. Menawarkan pendapat yang strategis. Belajar untuk berempati dengan mereka. Sertakan diri dengan pembicaraan yang berat bila memang diperlukan. Janganlah hanya terima perintah.

Kunci penting dalam berkarir jadi public relation yaitu dengan selalu belajar. Tidak ada pengetahuan tentu dalam sebuah pekerjaan, terlebih dunia PR yang sangat dinamis ikuti perubahan tren, tehnologi, media, dan lain-lain.

Komentar